Anggrek Sub – Tribe Dendrobiinae dan Penggunaannya Secara Tradisional
September 11, 2016
Festival Anggrek Vanda tricolor 2018
September 10, 2018

Unsur-unsur yang Dibutuhkan Anggrek

Makhluk hidup pada umumnya, termasuk anggrek membutuhkan makanan untuk mempertahankan hidup, disamping bernafas. Kedua hal itu termasuk proses hidup yang dinamakan metabolisme atau pertukaran zat.

Jelaslah disini bahwa tanaman amat membutuhkan unsur-unsur yang diambil dari udara maupun dalam tanah berupa gas, air dan garam-garaman yang terlarut di dalamnya. Unsur-unsur tersebut adalah unsur-unsur makro dan mikro. Adapun bentuk pengambilan unsur-unsur tersebut akan diuraikan di bawah ini.

 

Unsur-unsur C, H, dan O

Diambil berupa CO2 dari udara dalam proses yang dinamakan asimilasi karbon atau asimilasi CO2 dan air dari tanah. Asimilasi ini berjalan pada siang hari dengan pertolongan sinar matahari dan bila gelap dapat dengan bantuan lampu. Dalam hal ini sinar matahari atau lampu mengambil peranan penting dalam terjadinya  proses asimilasi.

Meskipun demikan, kebutuhan  sinar matahari setiap jenis tanaman tidaklah sama, termasuk pada anggrek. Ada anggrek yang menyukai limpahan sinar matahari. Akan tetapi, adapula anggrek yang peka terhadap sinar matahari, sehingga harus diletakkan pada tempat yang teduh.

Selain dari tanah, unsur H dan O (H2O) atau air dapat pula diambil dari air hujan maupun air siraman. Air merupakan zat yang terpenting dan dibutuhkan sangat banyak karena air di sini memunya bermacam-macam fungsi. Fungsi tersebut antara lain  :

  • Sebagai pelarut dari zat-zat makanan.
  • Pengangkut zat-zat makanan.
  • Pengatur turgor dari sel-sel tumbuhan, karena bila sel-sel itu tak memiliki turgor atau turgornya kecil, maka tanaman akan terlihat layu.
  • Sebagai salah  satu penyusun hidrat arang, gula, dan tubuh tanaman.
  • Untuk pertumbuhan sel-sel.
  • Sebagai medium berlangsungnya bermacam-macam proses fisika, kimia dan fisiologi
  • Juga berfungsi untuk mengatur tempratur tanaman.

 

Unsur N atau Nitrogen

Unsur Nitrogen dalam tanaman anggrek diubah terutama menjadi asam amino dan amida yang banyak pada bagian-bagian yang sedang tumbuh, Jadi unsur N dipergunakan terutama untuk pertumbuhan vegetatif, Itulah sebabnya unsur ini sangat dibutuhkan oleh tanaman yang masih kecil, yaitu dalam taraf pertumbuhan.

Adapun pupuk yang mengandung unsur N adalah ZA (Zwavelzuur Ammoniak) atau (NH4)2SO4, dan urea.

 

Unsur S (Sulphur atau belerang)

Kegunaan pupuk belerang antara lain untuk membuat vitamin B1, yaitu vitamin yang penting untuk ketahanan dan pertumbuhan anggrek.

Pupuk yang mengandung unsur S ini adalah ZA, MgSO4.

 

Unsur P (Phospor)

Phospor sangat dibutuhkan tanaman saat seedlings dan flowering -size (pembungaan), karena phospor dapat membantu pembentukan karbohidrat, cadangan makanan, dan sebagainya.

Unsur P ini dapat diambil dalam bentuk pupuk KH2PO4 (untuk larutan Knudson), ES (Enkel Super Phospate), DS (Double Super Phospate, dan TS (Triple Super Phospate).

 

Unsur K (Kalium)

Fungsi dari unsur K adalah untuk memperlancar metabolisme, mempengaruhi penyerapan makanan, mempengaruhi hidratasi, serta untuk menguatkan serabut-serabut, sehingga secara tidak langsung memperkuat tubuh tanaman.

Pupuk yang mengandung unsur K adalah K2SO4 dan KNO4.

 

Unsur Ca (Kalsium)

Unsur Ca diambil dalam bentuk pupuk Ca(NO3)2, serta kapur (gamping) yang telah mati.

Manfaat unsur Ca ini antara lain untuk memproduksi cadangan makanan bersama Magnesium, menghilangkan daya racun dan menyusun dinding sel tumbuh-tumbuhan.

Biasanya tanaman anggrek di Indonesia cukup kalsium, karena pot tanah umumnya mengandung cukup kapur.

 

Unsur Mg (Magnesium)

Unsur Mg pada anggrek berfungsi untuk pembentukan klorofil dan produksi cadangan makanan. Adapun pupuk yang mengandung unsur Magnesium adalah Magnesium sulfur.

 

Waktu Pemupukan

Untuk waktu pemupukan, termasuk penggunaan bakterisida dan terutama insektisida jika belum diketahui betul sifat-sifatnya sebaiknya jangan dilaksanakan pada siang hari yang panas. Pupuklah diwaktu pagi-pagi benar atau sore hari setelah pukul 17.00